Yang Hyun Suk Yakin “Demam Idola” Akan Segera Berakhir??


Dalam sebuah wawancara, Yang Hyun Suk dari YG Entertainment mengungkapkan bahwa dia percaya demam idola akan segera berakhir.

Saat ditanya, “Tampaknya tidak banyak grup2 idola yang tampil bagus di awal tahun ini. Menurut Anda kenapa itu terjadi?” Yang Hyun Suk menjawab,

Demam idola sedang berakhir. Sekarang pasar telah beralih dari idola2 ke penyanyi2 dengan kualitas seperti Busker Busker dan Psy. Saya akan mengambil lima tahun untuk kembalinya fase idola. Di akhir tahun ’90-an, ada banyak sekali grup idola seperti H.O.T, S.E.S, dan Fin.K.L. Lalu kalian melihat perubahan di awal tahun 2000-an dimana vokalis2 seperti Big Mama dan Wheesung meraih popularitas. Kalian harus membaca arus dengan cepat dan mengikuti pasar. Bahkan seorang produser seperti saya tidak benar2 suka menonton program2 musik. 18 dari 20 tim biasanya adalah grup2 idola dan mereka semua sama. Saat seorang komposer membuat sebuah lagu hit dan populer, semuanya segera berlari ke arahnya dan meminta sebuah lagu. Publik akan bosan juga. Itu membuat frustasi karena produser2 program musik menyiapkan dan bekerja sangat keras. Jika kalian ingin keluar hidup2, kalian harus berbeda dari para pesaing. Lihat Psy, kalian tidak akan populer hanya karena kalian cantik.”

Saat ditanya lagi, “Jika pasar idola berakhir, lalu kenapa YG Entertainment masih memproduksi idola2 pendatang baru?” Sang CEO menjawab,

“Itulah kenapa saya juga sangat hati2, karena sesuatu itu harus berbeda. Meskipun kami belum dalam posisi harus berbicara banyak [tentang grup2 baru kami] mereka akan berbeda dari pendatang2 baru pada umumnya. Style dan konsep2 mereka semua sangat berbeda. Ada banyak orang yang bertanya, ‘YG tidak melihat wajah / penampilan’. Saya menonton TV dan bertanya2 apa yang akan terjadi jika girlgroup2 cantik seperti Girls’ Generation, Fin.K.L dan S.E.S menampilkan lagu2 hip hop seperti YG. Bukankah akan menyenangkan jika mereka mengelilingi seluruh panggung dengan rap ‘kuat’? Saya telah mengajar selama 3 tahun, dan itu sangat menyenangkan secara pribadi. Itu menarik. Saya membayangkan apa yang akan terjadi pada pasar jika YG melakukannya, rasanya cukup menegangkan.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s