About The Past, Now, And Future


Masa lalu . Banyak orang yang mengatakan masa lalu adalah hal yang sudah berlalu dan tidak bisa di gapai kembali. Defenisi Masa lalu bagi setiap orang tentu saja berbeda-beda. Tergantung dari pelakunya sendiri.

Masa Lalu yang menyenangkan, akan semakin menyenangkan bila di ingat kembali.

Masa Lalu yang menyakitkan tentunya makin menyakitkan bila dikenang kembali.

Ada seseorang teman saya mengatakan bahwa masa lalu itu tidak penting untuk di ingat kembali. Karena kejadian itu sudah berlalu dan tidak bisa di ubah lagi. Tapi teman yang lain tidak menyetujui pendapat teman saya itu. Menurut saya masa lalu itu ada yang perlu di ingat dan ada juga yang tidak perlu diingat. Segala yang telah terjadi di masa lalu harusnya menjadi pacuan kita untuk menjadi lebih baik di masa sekarang.

Masa lalu bukan untuk di benci, tetapi sebagai pembelajaran. Bahwa kita tidak boleh melakukan kesalahan untuk kedua kalinya seperti yang kita lakukan di masa lalu. Tapi masih banyak orang yang masih saja terjatuh di lubang yang sama dengan masa lalunya dulu.

Semuanya kembali kepada diri kita masing-masing bagaimana kita menilai masa lalu kita. Apakah itu pantas untuk dikenang, ataukah lebih baik dilupakan jika itu hanya membuat kita sakit hati. Biasanya orang yang ingin melupakan masa lalunya, mempunyai kenangan yang menyakitkan. Bisa saja itu karena cinta, keluarga, teman, dan sebagainya. Sedangkan ada juga sebagian yang menjadikan masa lalu sebagai guru pembelajarannya, dimana mereka banyak belajar dari masa lalu yang penuh kesalahan ataupun kebaikan.

Masa sekarang, adalah proses di mana kita melangkah ke masa lalu ke masa depan. Tergantung bagaimana cara kita melakukannya. Jika sekarang kita lebih berhati-hati, teliti, berusaha dan waspada terhadap apapun, mungkin masa depan kita bisa terjamin. Namun jika kita menjalani masa sekarang dengan santai, bisa saja apa yang kita harapkan atau inginkan di masa depan akan susah terlaksanakan.

Sama seperti saya sekarang berusaha melakukan yang terbaik untuk masa depanku. Dari seseorang yang sekarang sudah almarhum, beliau mengajarkan saya bagaimana agar semua tujuan saya bisa tercapai. Karena dia katanya dulu juga suka berandai-andai (kayak gue nih). Katanya setiap manusia harus mempunyai terget hidup yang jelas. Pengen jadi apa nanti, cita-citanya harus jelas.

Nah, kalau sudah jelas baru deh menentukan target. Seperti targetku :

  • Naik kelas dengan nilai yang memuaskan (paling tidak bisa urutan 10 besar gue bisa dipertahankan)
  • Lulus SMA dengan nilai yang baik supaya bisa diterima di Universitas pilihan.
  • Kuliah di GajahMada atau Brawijaya

Nanti kalau sudah kuliah baru pikirin lagi target selanjutnya. Pokoknya target pertama harus terselesaikan dulu baru bisa melangkah ke target selanjutnya. Yang jelas harus memiliki niat dan tekad yang kuat. Ok😀

One thought on “About The Past, Now, And Future

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s